Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Feb 2020 14:14 WIB

Lagi-lagi Corona! Giliran Baja Impor yang Kena Imbasnya

Danang Sugianto - detikFinance
Sejak 20 Januari 2019, pemerintah akan mengendalikan pemakaian impor baja. Selama ini industri baja dalam negeri keluhkan gempuran baja dari luar negeri. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Wabah virus corona menyebabkan harga produk impor besi dan baja dari China mengalami kenaikan. Kebetulan, selama ini industri besi dan baja nasional dihantam produk impor lantaran harganya yang lebih murah.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa dari sisi kuantitas impor bahan baku besi dan baja dari China tidak mengalami penurunan.

"Saya sudah cek di lapangan berkaitan dengan impor bahan baku dari China, itu belum ada gangguan berkaitan dengan kuantitasnya," ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Namun dari sisi harga diperkirakan akan mengalami kenaikan. Sebab banyak pegawai administrator di China yang tidak bekerja lantaran wabah virus corona.

Sementara itu, Indonesia dan China memiliki hubungan kerjasama perdagangan yang dibalut dalam Free Trade Agreement (FTA) ASEAN-China. Dalam perjanjian itu masuknya produk besi dan baja dari China bebas bea masuk.

"Karena administrator di China itu tidak banyak bekerja atau bahkan tidak ada yang bekerja. Sehingga pencatatan itu untuk FYA antara China dan ASEAN itu tidak bisa dinikmati," tambahnya.

Dengan tidak diurusnya proses administrasi, maka produk besi dan baja dari China yang masuk akan dikenakan tarif bea masuk. Sehingga harga akan lebih mahal dari biasanya.

"Kiriman dari sana ke Indonesia tanpa melalui desk yang bisa dinikmati oleh industri berkaitan dengan FTA. Jadi harga yang diterima oleh industri itu adalah harga normal, bukan harga yang berkaitan dengan FTA ASEAN-China," tutupnya.

Lagi-lagi Corona! Giliran Baja Impor yang Kena Imbasnya


Simak Video "Diserbu Baja Impor, Pabrik Domestik 'Dibunuh'"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com