Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Mar 2020 21:30 WIB

Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Karawang Groundbreaking April

her - detikFinance
pabrik hyundai Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa pembangunan pabrik mobil listrik yang akan bekerja sama dengan pabrikan mobil Korea Selatan, Hyundai akan tetap berjalan.

Luhut mengatakan bahwa bulan April nanti pabrik yang dibangun di Karawang, Jawa Barat ini akan melakukan groundbreaking. Peletakan batu pertama pabrik mobil listrik ini pun akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Mobil listrik masih on schedule. Kita pantau tiap hari, karena rencana kami April itu groundbreaking (pabrik mobil listrik) Hyundai di daerah Karawang," kata Luhut dalam telekonferensi yang dikutip detikcom dari akun Instagram @kemenkomarves, Senin (16/3/2020).

"Di mana bapak Presiden sendiri bersedia yang groundbreaking," lanjutnya.

Dia menjelaskan Hyundai akan melakukan investasi sebesar US$ 1,5 miliar atau berkisar Rp 21 triliun (dalam kurs Rp 14 ribu). "Itu investasi US$ 1,5 milar," pungkas Luhut.

Sebelumya, President Director of Hyundai Motors Indonesia, Sung Jong Ha mengatakan bahwa pihaknya akan membuat produk mobil sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen di Tanah Air.

"Tergantung permintaan. Yang bisa saya katakan kami sudah investasi di Indonesia, kami akan kontribusi dalam perkembangan industri otomotif dan ekonomi di indonesia juga soal kendaraan listrik, itu yang bisa katakan secara jelas," kata Sung Jong Ha, di sela-sela peluncuran layanan GrabCar Elektrik di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (27/1/2020).

Dia juga mengatakan bahwa akan butuh beberapa tahun sampai pabrik Hyundai di Indonesia siap memproduksi mobil pertamanya, khususnya mobil listrik.

"Akan butuh beberapa tahun, mungkin 1, 2 atau 3 tahun baru mulai produksi karena saat ini kita akan coba build battery kita. Kita juga akan mengembangkan produk untuk pasar Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com