RI Bakal Produksi 16 Ribu APD Per Hari

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 15 Apr 2020 14:05 WIB
apd
Foto: Yakub Mulyono
Jakarta -

Pelaku industri RI tengah dipersiapkan untuk memproduksi alat-alat kesehatan seperti APD. Dalam waktu dekat, industri tekstil Indonesia bisa memproduksi hingga 16 ribu APD per hari.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, BNPB sudah menjalin kerjasama dengan Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian dan Asosiasi Pertekstilan Indonesia untuk bisa membuat APD sesuai standar WHO.

"Dari kolaborasi itu dan API, maka sudah mampu kita produksi APD yang sesuai standar WHO. Sudah disesuaikan standar WHO," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/4/2020).

Kolaborasi ketiga pihak itu akan masuk dalam tahap produksi besar. Menurut Agus tidak lama lagi akan diproduksi APD dengan kapasitas mencapai 16 ribu per hari.

"Ini APD dalam waktu dekat bisa produksi 16 ribu per hari. Kita kerja sama dengan BNPB dan API untuk memenuhi standar WHO," tuturnya.

Sementara untuk produk ventilator juga telah ada 4 kelompok pengembang produk ventilator. Tiga diantaranya akan memproduksi untuk memenuhi kebutuhan wabah COVID-19, sementara 1 kelompok akan memproduksi dengan visi jangka menengah dan panjang, sebab mereka memproduksi dengan kualitas yang tinggi.

"Khusus Tim Jogja ini mereka justru berbicara untuk jangka menengah panjang. Mereka tidak hanya bicara untuk menangani COVID-19 sekarang, tapi mereka bicara ke depan. Karena mereka akan produksi ventilator jenis yang high grade, yang di mana dari kelompok lain sebagian besar memang akan produksi yang low cost, atau grade lebih rendah," terangnya.

Untuk 3 kelompok pengembang itu akan mulai memproduksi pada bulan ini. Sementara untuk kelompok pengembang ventilator high grade akan mulai produksi sekitar Mei-Juni 2020.



Simak Video "Pembuat "Baju-baju Tempur" Pejuang Terdepan Hadapi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)