Pabrik VW Hingga Toyota di Eropa Siap Kembali Beroperasi

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 15:28 WIB
Volkswagen Bulli, Transporter, Kombi
Foto: Volkswagen
London -

Produsen mobil terbesar dunia, Volkswagen dan Toyota, secara bertahap akan membuka kembali pabriknya di Eropa mulai pekan depan.

Volkswagen mengatakan akan memulai produksinya di Zwickau, Jerman dan Bratislava, Slovakia pada 20 April mendatang. Pabrik lain di Jerman, Portugal, Spanyol, Rusia dan Amerika Serikat akan kembali beroperasi pada minggu berikutnya, diikuti pabrik di Afrika Selatan, Argentina, Brasil dan Meksiko diperkirakan akan menyusul pada Mei mendatang.

"Dengan keputusan oleh pemerintah federal dan negara bagian di Jerman bahwa kini telah melonggarkan pembatasan produksi, kini telah ditetapkan untuk dimulainya kembali produksi secara bertahap," kata Ralf Brandst├Ątter, Chief Operating Officer Volkswagen. Dilansir dari CNN, Jumat (17/4/2020).

Toyota (TM) mengatakan akan membuka kembali produksi pabriknya di Prancis dan Polandia pada 22 April. Dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan pekerja.

Selanjutnya ada Hyundai (HYMTF) yang juga akan memulai kembali pabriknya di Republik Ceko pada pekan depan. Selain itu, pabrik di Turki akan dibuka pada 20 April.

Lain hal dengan pembuat mobil sport Ferrari (RACE), pabriknya di Maranello dan Modena akan tetap ditutup hingga 3 Mei, yang disebabkan Italia yang memperpanjang masa lockdown.

Pencabutan pembatasan akan meredakan resesi industri otomotif, yang saat ini sudah parah karena banyak pabrik ditutup, dan membuat manufaktur di Eropa terhenti akibat krisis virus Corona.


Volkswagen melaporkan laba operasi hanya 900 juta euro setara Rp 15 triliun (kurs Ro 16.900) pada kuartal tahun ini, turun dari 3,9 miliar euro (Rp 65 triliun) pada tahun lalu.

"Dampak yang dihasilkan dari pandemi pada permintaan pelanggan, rantai pasokan dan produksi saat ini tidak dapat diperkirakan secara akurat," kata pihak Volkswagen.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]