Miris! Jamu Lokal Kalah Pamor dari Obat Tradisional China

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 27 Apr 2020 13:46 WIB
jamu
Iustrasi jamu/Foto: iStock
Jakarta -

Obat tradisional lokal masih kalah pamor dari produk China di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia. Ketua Umum perkumpulan dokter pengembang obat tradisional dan jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania menjelaskan berdasarkan temuan pihaknya, obat tradisional China mulai digunakan untuk pasien Corona di Indonesia, padahal produk lokal bisa memenuhi kebutuhan itu.

Menurut Inggrid China mengeluarkan testimoni pasien Corona di negaranya sembuh dengan mengkonsumsi obat tradisional buatan mereka. Akhirnya mereka mempromosikan itu ke negara lain termasuk Indonesia.

"Pemerintah China saya tahu lah ada misi dagang untuk ekspansikan obat tradisionalnya ini ke luar negeri sehingga mereka membuat program publikasi bahwa mereka merekomendasikan obat-obat tradisional China ini ke banyak negara termasuk Indonesia," kata Inggrid dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi VI DPR RI secara virtual, Senin (27/4/2020).


Dia pun heran kenapa obat tradisional China mendapatkan kesempatan dipakai untuk pasien Corona di Indonesia, sedang jamu buatan dalam negeri tidak diberi kesempatan yang sama.

"Ini fenomena kenapa bisa ada obat tradisional China di rumah sakit rujukan COVID-19, sementara jamu kita tidak mendapatkan kesempatan untuk diberikan kepada pasien di rumah sakit rujukan COVID-19. Sementara obat impor dari China mendapat kesempatan itu," jelasnya.

Pihaknya pun sudah melakukan uji klinis terhadap obat tradisional China yang ternyata itu obat untuk masuk angin, diberikan untuk orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 yang mengalami gejala masuk angin dan sebagainya. Obat tradisional semacam itu pun banyak sebenarnya di Indonesia.

"Cuma ya kalau saya lihat sebenarnya jamu Indonesia formula masuk anginnya banyak. Kenapa harus pakai (buatan China) ini," tambahnya.



Simak Video "Cegah COVID-19, Istri TNI di Bengkulu Buat Jamu Tolak Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)