Bambang Brodjo Minta Kelonggaran Riset Alkes, Mau Tiru AS?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 05 Mei 2020 16:23 WIB
NASA kembangkan ventilator, alat kesehatan untuk bantu sembuhkan pasien COVID-19.
Ventilator buatan NASA (Foto: NASA via Mashable)
Jakarta -

Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan kelonggaran atau perlakuan khusus. Sehingga, riset dan inovasi alat kesehatan untuk penanganan virus Corona bisa cepat diproduksi.

Hal tersebut sebagaimana dilakukan di Amerika Serikat melalui Food and Drug Administration (FDA).

"Memang yang kami harapkan perlakuan khusus seperti yang dilakukan FDA di Amerika Serikat di mana FDA yang kita tahu sebenarnya tidak masalah keberadaan alat kesehatan dan obat. Tapi mereka pun memberikan relaksasi," ujarnya dalam rapat gabungan dengan DPR, Selasa (5/5/2020).

Dengan kelonggaran itu, dia menuturkan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sampai ikut mengembangkan ventilator.

"Mungkin Bapak Ibu anggota dewan terhormat pernah mendengar berita bahwa NASA Aerospace Agency Amerika karena kondisi COVID sampai juga ikut membuat ventilator," ujarnya.

"Bisa bayangkan level seperti NASA yang bicara bagaimana mengirim manusia bulan dan seterusnya malah bicara ventilator. Dan ketika bicara ventilator tidak bisa kita bayangkan dan akan memprosesnya dengan normal karena NASA bukan produser ventilator," sambungnya.


Bukan hanya NASA, Bambang mengatakan McLaren pun juga ikut membuat ventilator.

"Dan yang saya dengar pabrik mobil F1 McLaren juga membuat ventilator akhirnya bisa mengembangkan ventilator buat penanganan pasien COVID-19," terangnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)