Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mei 2020 12:55 WIB

Jokowi Minta Pengawasan Protokol Kesehatan di Industri Diperketat

Danang Sugianto - detikFinance
Presiden Jokowi Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rapat terbatas untuk membahas percepatan penanganan pandemi COVID-19. Ada beberapa hal yang dibahas dalam ratas kali ini salah satunya peningkatan pengawasan di klaster industri.

Jokowi meminta agar pengawasan penerapan protokol kesehatan di klaster industri diperketat. Dia khawatir ada peningkatan kasus dalam klaster industri.

"Saya minta pengawasan protokol kesehatan di klaster industri ditingkatkan lagi. Ini klaster industri perlu dilihat karena ini ada 1, 2 yang mulai masuk ke sana," tegasnya dalam ratas virtual, Senin (18/5/2020).

Klaster industri sendiri muncul setelah munculnya kasus positif di pabrik milik Sampoerna. Sejak saat itu Jokowi minta industri yang masih beroperasi agar diperketat pengawasannya.

Selain itu, Jokowi juga mempertegas pemerintah belum mengambil kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya ada kekeliruan di masyarakat tentang pemerintah yang sudah melonggarkan PSBB.

"Karena jangan muncul nanti keliru ditangkap masyarakat bahwa pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB. Belum, belum, belum ada kebijakan pelonggaran PSBB," tegasnya.

Namun dia mengakui bahwa ada rencana pelonggaran PSBB. Akan tetapi hal itu baru bersifat rencana dan belum ada keputusan

"Yang sedang kita siapkan ini memang baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan setelah ada timing yang tepat serta melihat data data dan fakta fakta di lapangan. Biar semuanya jelas karena kita harus hati-hati jangan keliru kita memutuskan," tegasnya.



Simak Video "Momen Jokowi Salat Jumat di Istana Pakai Protokol Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com