555 Karyawan Positif Corona, Pabrik Daging Babi Ditutup

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 12:58 WIB
daging sapi dan babi
Foto: istimewa
Chicago -

Pabrik daging asal Amerika Serikat (AS) Tyson Foods sementara waktu akan menutup pabrik daging babi Iowa. Hal ini dilakukan setelah pabrik mengonfirmasi 555 karyawan di pabrik Storm Lake Tyson dinyatakan positif terkena virus Corona atau sekitar 22% dari total karyawan.

Kini pabrik daging seperti Tyson Foods, WH Group, Smithfield Foods dan JBS USA sementara waktu menutup sekitar 20 pabriknya setelah banyak pekerja yang terinveksi virus Corona.

Pabrik akan kembali beroperasi pekan depan setelah pembersihan mendalam pada fasilitas pabrik.

Agar pabrik bisa dibuka lagi, Tyson akan melakukan pengujian Corona (COVID-19) skala besar kepada semua karyawan pabrik di Iowa barat laut dan mengharuskan mereka mengenakan masker. Perusahaan akan menerapkan langkah-langkah keselamatan untuk melindungi karyawan.


Serikat Pekerja Internasional dan Pekerja Komersial Serikat mendesak Trump untuk memperhatikan keselamatan dan perlindungan pekerja. Serikat pekerja melaporkan lebih dari 3.000 infeksi dan 44 kematian di antara para pekerja pengemasan daging di AS

"Terlalu banyak pekerja yang dikirim kembali ke pabrik pengemasan daging tanpa perlindungan yang memadai," kata Nick Nemec, seorang petani Dakota Selatan. Dikutip dari Reuters, Jumat (29/5/2020).

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump memerintahkan bahwa seluruh pabrik daging tetap buka di tengah pandemi Corona. Hal ini diimbau guna melindung pasokan makanan di AS.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)