Pesawat Habibie Dicoret dari Daftar Proyek Strategis Nasional

Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 30 Mei 2020 10:30 WIB
Miniatur pesawat R80 mejeng di Bekraf Habibie Festival. R80 merupakan pesawat rancangan Presiden ke-3 BJ Habibie.
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Pemerintah memasukkan 89 proyek baru ke dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) 2020-2024. Proyek-proyek baru itu hasil penyaringan dari 245 proyek usulan untuk masuk ke dalam PSN.

Masuknya proyek-proyek baru dalam daftar PSN membuat beberapa proyek lainnya harus dikeluarkan dari daftar. Salah satunya proyek pesawat R80 dan N245.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan ada 245 proyek usulan baru untuk masuk ke dalam daftar PSN. Dari usulan itu yang diterima 89 proyek, nilainya mencapai Rp 1.422 triliun.

"Dari 245 proyek baru yang memenuhi kriteria sebanyak 89 proyek. Dengan demikian, 156 proyek belum direkomendasikan karena itu masih membutuhkan dukungan kementerian teknis dan perlu kelengkapan dan perlu memenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai PSN di mana Presiden harapkan ada dampak kepada masyarakat, terhadap pertumbuhan ekonomi, dan terkait dengan pengembangan sosial ekonomi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/5/2020).

Sebanyak 89 proyek baru tersebut akan resmi masuk dalam daftar PSN 2020-2024. Proyek baru itu merupakan proyek yang dinilai memiliki dampak terhadap perekonomian secara langsung seperti pembangunan jalan, jembatan, bandara, kawasan industri program lahan sawah dan lain sebagainya.


Selain itu, pemerintah juga memasukkan 3 proyek pengembangan drone. Nah proyek itu menggantikan proyek pengembangan pesawat R80 dan N245 yang kini dicoret dalam daftar PSN.

"Tiga proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245. Sehingga dialihkan menjadi teknologi drone yang dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang dan pengembangannya sudah dimulai oleh PTDI," tuturnya.

Proyek pesawat R80 merupakan besutan almarhum BJ Habibie. Habibie yang meninggal pada usia 83 tahun mewariskan rancangan pesawat jenis turbo prop R80 yang dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) bersama PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Persiapan pembuatan pesawat ini mulai sejak 2013. Pada 2017, R80 akhirnya masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Masuknya proyek-proyek baru itu dipercaya bisa membuka 19 juta lapangan kerja. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keseruan Konser RAN Puaskan Kerinduan Penggemar "
[Gambas:Video 20detik]