Krakatau Steel Dapat Dana Talangan Rp 3 T, Dipakai Buat Apa?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 20:45 WIB
Krakatau Steel (istimewa)
Foto: Krakatau Steel (istimewa)
Jakarta -

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat dana talangan dari pemerintah senilai Rp 3 triliun.

Direktur Utama PT Kratau Steel Tbk (KRAS) Silmy Karim mengatakan dana talangan itu akan digunakan sebagai relaksasi kepada industri hilir dan industri pengguna. Sebagai yang berada di sektor hulu, keberadaan perseroan diperlukan sebagai pemasok industri-industri di hilir.

"Jangan sampai industri hilir dan industri pengguna itu mengalami suatu kesulitan untuk mendapatkan bahan baku yang mana itu produksinya KS," kata Silmy ditemui di Gedung DPR RI, Senin (22/6/2020).

"Terus yang berikutnya industri pengguna. Pengguna baja itu kan bukan hanya konstruksi tapi juga otomotif bahkan makanan minuman pun menggunakan baja kayak kaleng untuk tempat makanan. Nah itu juga mereka mengalami kesulitan keuangan," tambahnya.

Dia tidak ingin permintaan tersebut diambil alih oleh impor. Untuk itu, dana talangan diperlukan untuk menjaga industri terus bergairah dengan diberikan dukungan material.

"Jangan sampai mereka yang sedang kesulitan itu tidak bisa mendapat produk dari kita karena ketidakmampuan kita. Kita ingin menjaga supply agar tidak diambil oleh impor juga nanti kalau impor sudah masuk segala macam. Ini kan perlu kita dorongan supaya itu tetap jalan," ucapnya.



Simak Video "Krakatau Steel Dapat Keringanan Bayar Utang Senilai Rp 27 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)