Waspada! Industri RI Bakal Kekurangan 2,5 Juta Pekerja di 2024

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 11:52 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa Indonesia bakal kekurangan 2,5 juta sumber daya manusia (SDM) atau pekerja sektor industri pada 2024.

Hal itu disampaikan Agus dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR RI membahas membahas rencana kerja dan anggaran kementerian dan lembaga (RKA-KL) serta rencana kerja pemerintah kementerian dan lembaga (RKP-KL) Tahun 2021.

"Ingin kami laporkan kepada Komisi VI bahwa diprediksi pada tahun 2024 akan ada kekurangan sekitar 2,5 juta sumber daya manusia industri yang merupakan kebutuhan industri," kata dia dalam rapat yang ditayangkan di situs web DPR RI, Selasa (23/6/2020).

Potret tersebut, lanjut dia adalah kondisi di luar program-program terkait SDM yang ada di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Ini kami bicara di luar program-program yang sudah ada di Kementerian Perindustrian. Nanti akan ada gap sebesar 2 koma sekian juta yaitu kebutuhan sumber daya manusia industri yang perlu atau yang dibutuhkan bagi industri pada tahun 2024," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya menilai pentingnya program yang berkaitan dengan penciptaan SDM di sektor industri agar gap yang ada bisa dibereskan.

"Program kegiatan sumber daya manusia industri menjadi sangat penting," tambahnya.



Simak Video "Bahas Industri 4.0, Jokowi Targetkan 10 Juta Lapangan Kerja Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)