Mendag Setuju Tugaskan BUMN dan Importir Beli Gula Petani

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 09:15 WIB
Harga gula pasir di Palopo Tembus Rp 18.000/Kg
Foto: Muhammad Riyas/detikcom
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto setuju dengan usulan agar perusahaan dan BUMN yang mendapatkan kuota impor untuk membeli gula petani yang harganya cenderung turun. Ia pun akan segera menugaskan para importir gula menyerap atau membeli gula petani yang dirugikan akibat kebijakan impor.

"Ya, baik akan kami tugaskan BUMN atau perusahaan pengimpor gula untuk menyerap gula petani," kata Agus dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Kamis (25/6) malam. Sikap itu pun kemudian menjadi kesimpulan rapat kerja Komisi VI DPR dan Menteri Perdagangan yang harus segera ditindaklanjuti.

Jawaban tegas Mendag tersebut sekaligus menjawab apa yang diusulkan Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Golkar Nusron Wahid. Dalam raker tersebut, Nusron menyampaikan pentingnya kebijakan Mendag menugaskan importir membeli gula petani untuk menyelamatkan nasib para petani gula di musim panen kali ini.

"Beli dengan harga yang sama dengan kesepakatan Bapak (Mendag) Rp 11.200 di harga distributor, sampai ke HET harga Rp 12.500, sesuai dengan Permendag yang Bapak buat Nomor 07 Tahun 2020," ujar Nusron.


Atas persetujuan Mendag di forum raker itu juga, Nusron kemudian menyampaikan apresiasi.

"Saya salut dan apresiasi sikap Pak Mendag. Ini namanya menteri perdagangan RI yang melindungi konsumen, produsen, dan petani," ungkap Nusron.

Keputusan itu diharapkan Nusron bisa segera direalisasikan agar petani punya kepastian gula hasil panen tebunya bakal dibeli, mengingat saat ini mereka resah merasa tidak dilindungi pemerintah akibat kebijakan impor gula.



Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)