Mulai Hari Ini Kantong Kresek 'Haram' di DKI

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 07:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong plastik seklai pakai di mal hingga pasar. Larangan itu mulai diberlakukan pada 1 Juli 2020 mendatang.
Foto: Rifkianto Nugroho

Selain sarana-sarana penjualan, masyarakat diminta ikut serta membantu menerapkan pengurangan kantong plastik ini. Dinas Lingkungan Hidup pun telah mensosialisasikan peraturan baru ini lewat media sosial, banner dan e-flyer.

"Sekarang ini kan udah era informatika, kemudian juga era-nya sudah gadget minded. Di sosial media kami yang followers-nya sudah begitu banyak kami rilis topik tentang ini sejak dari 6 bulan yang lalu jadi ini sudah running informasinya. Jadi ketentuan kantong belanja ramah lingkungan ini bukan hanya tatap muka konvensional tapi kami sudah menggunakan teknik sosialisasi yang lebih kekinian sesuai dengan generasi Jakarta yang sekarang lebih milenial, jadi kita menggunakan media sosial yang ada itu satu," kata Andono.

Dia berharap dengan diterapkannya aturan ini sampah plastik akan berkurang. Sehingga tidak meninggalkan dampak negatif kepada lingkungan dan generasi selanjutnya.

"Kita tidak ingin dicatat sebagai generasi yang membiarkan tanpa melakukan sesuatu. Kita ingin dengan peraturan ini kita menghasilkan karya yang positif untuk generasi mendatang," tutupnya.

Halaman

(zlf/zlf)