Mau Belanja? Jangan Lupa Bawa Kantong Sendiri Atau Beli

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 14:19 WIB
Kantong belanja - Anisa Indraini detikcom
Foto: Kantong belanja - Anisa Indraini detikcom
Jakarta -

DKI Jakarta mulai menerapkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai (kantong kresek). Aturan itu sudah mulai dijalankan di pusat perbelanjaan dan toko swalayan.

Berdasarkan pantauan detikcom di sebuah toko swalayan bilangan Jakarta Pusat, kantong kresek sudah tidak ditemukan. Sebagai penggantinya disediakan kantong ramah lingkungan (eco bag) yang dijajakan di dekat kasir.

Dewi, penjaga kasir toko swalayan tersebut mengatakan jika calon pembeli tidak membawa kantong belanja, maka akan menggunakan kantong ramah lingkungan tersebut. Tentunya tidak gratis.

"Iya sekarang sudah enggak (sediakan kantong plastik). Kalau nggak bawa kantong belanjaan sendiri ya kita sediakannya ini," kata Dewi (25), penjaga kasir swalayan tersebut.

Kantong ramah lingkungan tersebut telah disediakan beraneka harga dan ukuran. Harga paling murah dibanderol Rp 4.900 dan harga paling mahal dibanderol Rp 99.900.

"(Paling murah) Rp 4.900, ada yang Rp 20.000, ada juga yang Rp 99.900," ucapnya.

Namun tidak semua pengganti kantong plastik menjadi berbayar. Pusat perbelanjaan di FX Sudirman, Jakarta Pusat, merek baju dan sepatu terkenal menyediakan pengganti kantong plastik sekali pakai tanpa biaya tambahan.

Sedangkan ritel yang menjual aksesoris tidak menyediakan kantong belanjaan untuk pembeli. Jika mau, pembeli hanya bisa membeli eco bag dari barang dagangannya dengan diberikan diskon 10%.

"Kita sekarang nggak sediakan kantong. Paling kalau mau beli eco bag sekalian bisa dipakai berkali-kali. Dengan begini kita diskon 10% sampai seterusnya," ujarnya.



Simak Video "Awas! Anies Siapkan Denda Bagi Pemakai Kantong Plastik"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)