Menperin Mau Industri Besar Serap Bahan Baku dari UMKM

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 16:21 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita tengah berupaya menjadikan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) serta industri kecil dan menengah (IKM) jadi pemasok bahan baku yang dibutuhkan oleh industri besar di Indonesia.

"Kami ingin sekali agar supply chain bagi industri2 menengah atas ke besar itu bisa dilakukan oleh IKM di Indonesia. Ini yang kami terus upayakan. Oleh sebab itu yang penting adalah bagaimana kita mempersiapkan IKM menjadi bagian yang tak terpisahkan, integral dari industri besar," kata Agus dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/7/2020).

Menurut Agus, saat ini kemampuan UMKM dan IKM sudah sangat cukup untuk membentuk rantai pasok atau supply chain bahan baku bagi perindustrian Indonesia. Dengan mendorong pembentukan supply chain mandiri tersebut, Agus berharap impor bahan baku bisa dikurangi.

"Kita bisa lihat semua barang-barang yang dibutuhkan masyarakat ada, sudah diproduksi oleh anak-anak bangsa kita sendiri, oleh produsen-produsen nasional, nah ini tinggal bagaimana supply chainnya yang nanti tentu akan mempengaruhi terhadap nilai impor bahan baku, yang juga nanti mempengaruhi substitusi impor," terang dia.

Selain mengupayakan pembentukan supply chain mandiri, Agus meminta masyarakat juga meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Menurutnya, saat ini masyarakat masih punya kemampuan menyerap produk dalam negeri meski ada di tengah-tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Kami pemerintah percaya dan meyakini bahwa market itu masih tersedia, masih ada, kekuatannya masih cukup untuk menyerap atau membeli produk-produk dalam negeri khsusunya IKM," tutur dia.

Namun, pemerintah masih punya pekerjaan rumah (PR) yakni menghubungkan pasar dengan IKM itu sendiri.

"Hanya saja sekarang bagaimana kita bisa untuk melink-an antara market itu sendiri yang menurut pandangan kami di pemerintah sebetulnya sinyalnya masih baik dengan penyedia produk itu sendiri," pungkas Agus.



Simak Video "Jangan Tunggu Bangkrut! Jokowi Minta Bantuan UMKM Segera Cair"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)