RI Mau Bersaing dengan Vietnam, Erick Thohir: Lahan di Batang Free

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 03 Jul 2020 09:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bahas kasus Asuransi Jiwasraya bersama Komisi VI DPR. Erick buka-bukaan soal penyelesaian sengkarut PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, pemerintah menyiapkan sejumlah terobosan untuk kawasan industri di Batang, sehingga, Indonesia bisa bersaing dengan negara tetangga seperti Vietnam. Erick bilang, lahan industri di Batang nantinya gratis.

"Lahannya pun nanti di Batang free, kita akan ada yang namanya surcharge aja, jadi supaya kita kompetitif juga dengan negara-negara seperti Vietnam," katanya dalam webinar Kingdom Business Community, Kamis (2/7/2020).

Dia mengatakan, kawasan ini juga akan dibentuk klaster-klaster. Investasi dengan teknologi tinggi akan dapat kompensasi lebih besar.

"Bahkan kita akan bikin terobosan di Batang nanti bahwa kita akan bikin klaster-klaster sendiri. Jadi Investasi teknologi tinggi itu akan dapat kompensasi yang lebih besar daripada mohon maaf misalnya industri sepatu," ungkapnya.

Erick bilang, pemerintah menyiapkan kawasan industri ini untuk mengantisipasi perpindahan investasi yang keluar dari China. Menurutnya, ini akan membuka lapangan kerja.

"Di Batang itu tidak lain bagaimana kita sekarang siapkan lahan 4.000 ha untuk mengantisipasi perpindahan investasi yang keluar dari China dari beberapa negara seperti tentu Jepang, Korea, bahkan Amerika. Ini bagus sekali buat kita, kenapa ini bagian pembukaan lapangan kerja yang kita harus kita dilakukan," ujarnya.



Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)