Vaksin Corona dari China Mendarat di RI, Kapan Diproduksi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 21 Jul 2020 08:30 WIB
Vaksin Corona
Ilustrasi Foto: Istimewa
Jakarta -

Vaksin Corona buatan Sinovac dari China akhirnya mendarat di Indonesia, Minggu lalu (19/7/2020). Kapan diproduksi massal?

Vaksin itu kemudian akan menjalani uji klinis tahap III yang dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero).

"Iya, memang vaksin Sinovac ini sudah sampai di Indonesia sekarang dalam proses uji klinis tahap III oleh temen-temen di Bio Farma," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada awak media, Senin (20/7/2020).

Pihaknya berharap, setelah uji klinis vaksin Corona itu bisa diproduksi di Indonesia. Dia mengatakan, pihaknya tak hanya bekerja sama dengan satu negara tapi juga banyak negara.

"Jadi Bio Farma memang posisinya di kalangan internasional, di dunia vaksin memang sangat terkenal dan dianggap mampu melakukan pembuatan dan uji klinis sangat mampu," terangnya.

"Sehingga jangan heran Bio Farma memang dipercaya beberapa negara diikutsertakan. Kita tahu juga bahwa virus yang ada di Indonesia bisa saja berbeda dengan yang di China, itu yang kita lakukan tes klinis apakah cocok dan mematikan virus Corona yang ada di Indonesia," sambungnya.

Ia menambahkan, dari informasi yang ia terima vaksin ini bakal berbeda dengan vaksin yang lainnya. Menurutnya, vaksin itu bisa digunakan untuk virus Corona yang berkembang.

"Yang saya dapat informasi juga vaksinnya Sinovac (vaksin Corona) agak berbeda dengan yang lain karena dia agak..bisa untuk beberapa jenis virus Corona yang berkembang, jadi dicoba di China juga sekarang ini kita lagi dalam proses juga percobaan itu," terangnya.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sputnik V Jadi Nama Vaksin Corona Rusia"
[Gambas:Video 20detik]