Mau Ikutan Jajal Vaksin Corona? Baca Dulu Syaratnya

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 07:00 WIB
Vaksin Corona
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemerintah saat ini sedang melakukan uji klinis vaksin Corona dari China. Vaksin ini adalah hasil kerja sama antara perusahaan farmasi pelat merah PT Bio Farma dengan Sinovac.

Dalam melakukan uji klinis ini, Bio Farma butuh 1.620 relawan uji coba. Maka dari itu, Kementerian BUMN mengajak masyarakat luas untuk bisa bergabung menjadi relawan uji coba vaksin.

"Nah jadi uji klinis ini dilakukan BUMN Bio Farma, dan sedang cari relawan yang bersiap untuk menjadi relawan uji klinis tahap III. Seperti diketahui tahap I dan II sudah dilakukan di China dan sudah diuji juga ke manusia," ungkap Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan, Selasa (28/7/2020).

Bagi yang berminat untuk menjadi relawan yang menjajal vaksin Corona dari China ini ada syaratnya. Arya memaparkan, masyarakat yang mau jadi relawan syaratnya harus berumur 18 hingga 59 tahun. Calon relawan juga tidak sedang melakukan uji klinis apapun.

"Di sana dinyatakan bahwa yang bisa ikut ini adalah orang dewasa sehat usia 18-59 tahun, kemudian tidak ikut dalam uji klinis lainnya," jelas Arya.

Kemudian calon relawan juga tidak memiliki riwayat terinfeksi virus Corona. Relawan juga tidak memiliki penyakit bawaan lainnya. Arya sendiri mengaku, dirinya sudah mendaftar jadi relawan.

"Tidak pernah memiliki riwayat infeksi Corona selama ini, baik lewat rapid test dan test swab. Kemudian, saya juga tidak ada penyakit lainnya," papar Arya.

Kalau sudah jadi relawan, seperti apa sih tahapan uji coba yang dilakukan?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO Akan Tinjau Keamanan Vaksin Buatan Rusia"
[Gambas:Video 20detik]