Daftar 27 Kawasan Industri Baru

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 07:49 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Pemerintah telah menyiapkan 27 kawasan industri terpadu (KIT) baru. Hal itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita percaya setelah ini akan banyak investor asing yang melakukan relokasi investasinya ke Indonesia. Hal itu didukung dengan hasil survei American Chamber yang menyebut 70% perusahaan di China bakal memilih negara ASEAN jika harus melakukan relokasi.

"Ini satu hal yang sangat promising walaupun di satu sisi merupakan pekerjaan rumah bagi kita Indonesia sebab kita harus menyadari bahwa negara-negara lain yang ada di ASEAN juga pasti mempersiapkan diri, membuat diri mereka cantik agar mereka jadi pilihan bagi perusahaan yang pada waktunya memutuskan untuk keluar dari China," ucapnya dalam webinar Peluang dan Tantangan Relokasi Investasi Ke Indonesia Pada Saat COVID-19, Selasa (4/8/2020).

Sebagian dari 27 kawasan baru itu disebut sudah dalam tahap konstruksi. Kebanyakan lokasi dari kawasan industri baru itu ada di luar Jawa.

"Kita lihat bahwa dalam RPJMN 2020-2024 pemerintah sudah menyiapkan 27 kawasan industri baru. Sebagian dari 27 ini sudah dalam konstruksi dan kita bisa lihat dari 27 ini yang kita alokasikan di Jawa yaitu Brebes dan Madura, di Bangkalan. Yang lainnya memang kita alokasikan di luar Jawa," kata Agus.

Pemilihan lokasi yang didominasi di luar Jawa demi memudahkan pengadaan bahan baku dan menunjang pertumbuhan sektor manufaktur.

"Kita ingin mendekatkan kawasan industri dengan sumber daya baik itu bahan baku dan juga tujuan kita agar disparitas ekonomi melalui pertumbuhan manufaktur bisa teratasi," terangnya.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Senang Ada 7 Investor Masuk ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]