Akhirnya Boeing Terima Orderan 737 MAX Lagi Pasca Kecelakaan Maut

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 21 Agu 2020 17:44 WIB
A Boeing 737 MAX jet heads to a landing at Boeing Field following a test flight Monday, June 29, 2020, in Seattle. The jet took off from Boeing Field earlier in the day, the start of three days of re-certification test flights that mark a step toward returning the aircraft to passenger service. The Federal Aviation Administration test flights over the next three days will evaluate Boeings proposed changes to the automated flight control system on the MAX, a system that activated erroneously on two flights that crashed, killing 346 people. (AP Photo/Elaine Thompson)
Foto: AP Photo/Elaine Thompson
Jakarta -

Boeing baru saja menerima pesanan pertamanya untuk burung besi seri 737 MAX setelah puasa selama sembilan bulan akibat kecelakaan maut pada 2019 lalu.

Mengutip CNN, Jumat (21/8/2020), pembuat pesawat asal Amerika Serikat (AS) itu mengatakan pada hari Rabu bahwa Enter Air, maskapai charter terbesar Polandia telah memesan 2 pesawat Max 737-8, dengan opsi membeli dua jet tambahan.

Wakil Presiden Penjualan Boeing, Ihssane Mounir mengatakan permintaan itu menunjukkan kepercayaan Enter Air pada pesawat Boeing.

Armada Enter Air saat ini mencakup 22 pesawat 737 next generation dan 2 pesawat 737 Max. Jika perjanjian pembelian sepenuhnya dilaksanakan, armada 737 Max-nya akan bertambah menjadi 10 pesawat, termasuk pesanan yang belum terpenuhi, menurut pihak Boeing.

Pesanan 737 Max tersebut adalah yang pertama kalinya sejak November 2019 ketika Boeing menerima 30 pesanan di Dubai Air Show, termasuk 10 untuk SunExpress Turki. SunExpress adalah perusahaan patungan antara Lufthansa (DLAKY) dan Turkish Airlines.

Boeing masih menunggu persetujuan pemerintah untuk menerbangkan pesawat kembali setelah dilarang terbang pada Maret 2019, menyusul dua kecelakaan yang merenggut nyawa 346 orang.

"Setelah pemeriksaan ketat yang dilakukan 737 Max, saya yakin itu akan menjadi pesawat terbaik di dunia untuk tahun-tahun mendatang," kata direktur Enter Air Grzegorz Polaniecki dalam sebuah pernyataan.

Maskapai Polandia akan menerima kompensasi atas dampak komersial dari larangan terbang 737 Max, yang rinciannya tetap dirahasiakan, kata Boeing pada Rabu. Perusahaan juga telah menyetujui jadwal pengiriman yang direvisi sebagai tanggapan atas perlambatan penerbangan saat ini.

Tercatat maskapai penerbangan telah membatalkan lebih dari 400 pesanan untuk Max pada tahun ini karena permintaan untuk perjalanan udara turun akibat pandemi.

Industri aviasi menghadapi krisis terburuk dalam sejarah, dengan permintaan untuk perjalanan udara yang diperkirakan tidak akan pulih hingga setidaknya 2024. Maskapai penerbangan telah membatalkan ratusan pesanan dengan Boeing, sementara kompetitor, Eropa Airbus (EADSF) telah melaporkan penurunan 40% dalam aktivitasnya.

Boeing mengatakan minggu ini bahwa mereka berencana untuk memperpanjang PHK melebihi target 10% yang diumumkan sebelumnya, atau sekitar 16.000.



Simak Video "Mulai Januari 2020, Boeing Hentikan Sementara Produksi 737 MAX"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)