Jokowi Utus 2 Menteri ke Arab Bahas Kerja Sama Lawan Corona

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 22 Agu 2020 22:31 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kini berada di Uni Emirat Arab (UEA). Keberadaan keduanya di sana, kata Retno, atas perintah Presiden RI Joko Widodo untuk membahas upaya peningkatan kerja sama bilateral.

"Presiden RI antara lain menyampaikan akan mengutus Pak Erick Thohir dan saya untuk berkunjung ke Abu Dhabi guna menindaklanjuti kerja sama di tengah pandemi ini, terutama terkait dengan penanganan COVID-19 dan kerja sama ekonomi lainnya," ujar Retno dalam konferensi pers, Sabtu (22/8/2020).

Salah satu upaya penguatan kerja sama yang dibahas adalah terkait penelitian dan pengembangan dan distribusi aplikasi pengujian dan perawatan COVID-19.

"kita melakukan pertemuan terkait sektor kesehatan utamanya dengan G42 Healthcare Al Holding. Di awal pertemuan hadir juga wakil dari perusahaan Sinofarm. [...] Saat ini G42 tengah menjalin kerja sama dengan Kimia Farma untuk vaksin dan juga dengan Indofarma terkait test kit menggunakan teknologi laser dan AI untuk mendeteksi virus COVID-19, teknologi ini kita nilai dapat membantu tracing secara lebih cepat dan tentunya akan membantu mendukung kegiatan ekonomi yang aman," paparnya.

"Kemudian kerja sama untuk distribusi produk farmasi Indonesia di pasar TImur Tengah, Afrika dan wilayah lainnya, dan pihak G42 menanggapi secara positif usulan-usulan dan akan melanjutkan komunikasi dan bahkan akan berkunjung ke Indonesia sesegera mungkin," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Erick Thohir Usulkan Vaksin Corona Gratis Bagi Peserta BPJS"
[Gambas:Video 20detik]