Erick Thohir Mau Vaksinasi Corona Dipercepat ke Desember

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 03 Sep 2020 12:14 WIB
erick thohir menteri bumn kpk
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta -

Ketua Pelaksana Harian Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin vaksinasi virus Corona (COVID-19) dipercepat ke Desember ini.

Sementara berdasarkan rencana, vaksinasi dimulai Januari 2021. Tapi jika bisa dipercepat akan lebih baik menurutnya. Hal itu dia sampaikan saat menggelar pertemuan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

"Untuk imunisasi atau vaksinasi akan kita lakukan Insyaallah di awal tahun depan, kalau bisa lebih cepat bulan Desember Alhamdulillah," kata dia dalam konferensi pers melalui Zoom, Kamis (3/9/2020).

Erick melanjutkan bahwa diusahakan agar vaksinasi ini dapat dilakukan lebih cepat dari yang direncanakan pada awal 2021.

"Imunisasi massal atau vaksinasi massal di awal tahun yang kita usahakan juga lebih cepat lagi kalau bisa," ujarnya.

Namun ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka melakukan vaksinasi ini, salah satunya pendataan terkait orang-orang yang diprioritaskan atau lebih dulu mendapatkan vaksin.

Pihaknya pun melibatkan IDI dan PPNI untuk melakukan pemetaan orang-orang yang akan didahulukan mendapatkan vaksinasi, terutama para dokter dan perawat.

"Nah ini kan pengalaman kita juga kemarin melakukan subsidi gaji juga sama kita memastikan data siapa yang dibantu, gaji di bawah Rp 5 juta dengan BPJS Ketenagakerjaan. Nah sama juga, saya rasa sudah hal yang seyogyanya kita lakukan kerja sama, sinergi data ini dengan IDI dan PPNI," tambahnya.

(fdl/fdl)