Corona Merajalela, Industri Rokok Skala Kecil Ikut Terimbas?

Dian Utoro Aji - detikFinance
Senin, 14 Sep 2020 18:45 WIB
Para buruh rokok sigaret kretek tangan di lingkungan industri kecil Kudus
Foto: Dian Utoro Aji/detikcom: Para buruh rokok sigaret kretek tangan di lingkungan industri kecil Kudus
Kudus -

Industri rokok kecil di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengaku tidak terdampak pandemi virus Corona atau COVID-19. Malahan rokok dari industri kecil banyak dicari pembeli karena harganya lebih terjangkau.

"Justru pandemi ini berkah, karena masyarakat banyak beralih ke rokok yang industri menengah, karena rokok yang kami buat harganya lebih murah," kata pemilik Industri Rokok PT Bethoro Guru, Safii di Lingkungan Industri Kecil di Jalan lingkar Timur no 216 Megawon Kecamatan Jati, Senin (14/9/2020).

Safii mengatakan, ada sejumlah faktor justru konsumen mencari produk rokok dari industri kecil. Salah satunya adalah harga. Menurutnya harga rokok buatannya yang merupakan jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) jauh lebih murah. Satu bungkusnya Rp 8 ribu.

"Per bungkus Rp 8 ribu rokok yang kami produksi dengan merk Menara Coklat. Padahal rokok besar (yang sudah memiliki merk terkenal) itu satu bungkusnya Rp 14 ribu," kata dia.

Menurutnya hingga kini produksi rokok buatannya masih berjalan. Kata dia perusahaan miliknya memperkerjakan sebanyak 75 orang. Di tengah pandemi prosedur pekerjaan menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan untuk produksi dalam sehari sebanyak 40 bal. Dalam satu bal terdapat 200 bungkus rokok.

"Kalau untuk produksi per hari sebanyak 40 bal, setiap bal ada 200 bungkus. Kalau batang itu 12 batang per bungkusnya," kata dia.

Adapun untuk pasar produk rokok miliknya berada di sejumlah daerah. Terutama di Jawa Barat. Kata Safii hampir 70 persen rokok dia dipasarkan di wilayah Jawa Barat.

"Mayoritas 70 persen memang ke Jawa Barat, sedangkan yang lain seperti di Riau, Palembang, Batang, dan Tegal," tandas dia.



Simak Video "Sakit Hati Dipecat, Remaja Ini Maling di Toko Bekas Majikannya"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)