Vaksin Corona Masuk Awal Desember, Luhut Pede RI Bangkit Awal 2021

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 15:49 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandajaitan saat menjalani wawancara dengan detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sebanyak 30 juta vaksin Corona akan masuk ke Indonesia pada awal Desember 2020. Rencananya, jumlah itu pun akan ditingkatkan hingga 40 juta.

"Vaksin pertama akan masuk di Indonesia pada awal Desember, mudah-mudahan bisa lebih cepat. Kalau schedule ini bisa berjalan dengan baik dengan jumlah 30-40 juta vaksin pada tahun ini," ungkap Luhut dalam launching virtual Bangga Buatan Indonesia Pernak-Pernik Unik Kemendag, Rabu (16/9/2020).

Dengan upaya itu, Luhut yakin penyebaran Corona bisa ditekan awal tahun 2021, dan Indonesia bisa bangkit dari tekanan pandemi.

"Maka critical time kita adalah 2 bulan ke depan, dan setelah itu nanti kuartal I tahun depan keadaan jadi makin baik," tegas Luhut.

Selain itu, ia mengungkapkan, penanganan virus Corona dalam negeri saat ini sudah semakin baik jika dibandingkan dengan bulan Maret-Mei lalu.

"Penanganan COVID-19 secara nasional sekarang berjalan makin rapi, makin baik. Memang awal-awal Maret, April, Mei kita masih banyak mengalami hambatan. Tapi sekarang sudah semakin tertib penanganannya," jelas dia.

Untuk penanganan yang lebih baik dan masif, pemerintah sangat menunggu kehadiran vaksin Corona.

"Tentu untuk menghilangkan kita harus menunggu obat dan vaksinnya," pungkas Luhut.

(ara/ara)