Jurus Kemenperin Pacu Industri di Tengah Pandemi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 20 Sep 2020 09:16 WIB
Ekspor perdana Isuzu Traga baru saja diresmikan. Mobil ini dirakit di pabrik Isuzu Karawang Plant, Jawa Barat. Yuk lihat prosesnya.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Sektor industri memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian nasional khususnya di era digital. Namun, sektor ini menghadapi tantangan di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Perindustrian mendorong kualitas pelayanan pada dunia industri agar tetap menjadi penggerak ekonomi nasional. Salah satu langkah strategi yang dijalankan adalah mencanangkan gerakan Zona Integritas di seluruh satuan kerja untuk menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan mengatakan, pihaknya berkomitmen dari unit satuan kerja Kementerian Perindustrian dalam mewujudkan WBK dan WBBM.

"Unit Satuan Kerja Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus memperbaiki jajaran birokrasi yang bersih, produktif, transparan, melayani masyarakat, dan akuntabel," katanya saat meninjau Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).

"Hal ini dalam rangka menciptakan seluruh aparatur yang dapat turut mendorong kinerja sektor industri nasional agar semakin berdaya saing global. Pada Era digital ini masyarakat menginginkan segala pengurusan lebih cepat, efektif, dan efisien. Itu sebabnya pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk dapat memberikan layanan yang prima, hal ini akan diterapkan pada seluruh unit satuan kerja Kementerian Perindustrian," papar Arus.

Sejak tahun 2005, Kementerian Perindustrian telah menjalankan serangkaian program reformasi birokrasi untuk mewujudkan perubahan menuju tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).

"Saya sudah melihat adanya inovasi-inovasi baru khususnya di bidang digitalisasi pelayanan yang dibangun oleh unit satuan kerja Kementerian Perindustrian untuk peningkatan kualitas layanan kerja dalam upaya menuju WBBM," lanjut Arus.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur III Kementerian Perindustrian, Pranata, memberikan apresiasi BBTPPI Semarang yang dinilai memiliki komitmen dalam melakukan perubahan untuk menjaga tata kelola pemerintahan lebih baik di instansinya.

"Sejak dicanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Kementerian Perindustrian, seluruh pegawai pada unit satuan Kerja Kementerian Perindustrian, khususnya BBTPPI Semarang telah menandatangani pakta integritas. Mulai dari pimpinan hingga pelaksana, telah berkomitmen penuh mewujudkan Wilayah Bebas dari Koruspi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)," jelasnya.



Simak Video "Kemenparekraf Prediksi Google Cloud Jadi Killer App di Masa Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)