Pabrik Aqua Tutup karena Terendam Banjir, Bagaimana Nasib Produk?

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 22 Sep 2020 09:59 WIB
Pabrik Aqua di Sukabumi ikut terendam banjir
Foto: Tangkapan layar facebook
Jakarta -

Banjir bandang terjadi di Kecamatan Cicurug, Sukabumi, sebagai akibat dari meluapnya Sungai Citarik- Cipeuncit. Salah satu lokasi produksi AQUA, pabrik PT. Aqua Golden Mississippi yang berada di Kecamatan Cicurug ikut terkena dampak dari banjir bandang tersebut.

Atas kejadian tersebut, Danone Aqua terpaksa menutup sementara pabrik itu demi menjaga keamanan dan keselamatan karyawan maupun produknya.

"Kami telah melakukan penghentian sementara fasilitas produksi PT Aqua Golden Mississippi untuk memastikan keamanan dan keselamatan karyawan kami," ujar Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Selasa (22/9/2020).

Arif memastikan hal ini tidak akan mengganggu kualitas dan layanan produk Aqua. Untuk sementara, produksi produk Aqua akan dialihkan ke pabrik-pabrik Aqua lainnya.

"Selain itu kami pun memastikan bahwa kondisi ini tidak berimplikasi pada kualitas serta layanan produk AQUA dan pasokan untuk para konsumen tetap terpenuhi melalui fasilitas pabrik kami yang lain," sambungnya.

Saat ini, pihak Danone Aqua langsung fokus menangani pabrik tersebut agar bisa segera beroperasi kembali. Sekaligus, memberi bantuan pada para korban terdampak banjir bandang di wilayah tersebut.

"Fokus kami saat ini adalah melakukan upaya penanganan di dalam pabrik terdampak dan bergotong royong dalam membantu terdampak banjir bandang ini," tuturnya.

Untuk kondisi karyawan, sambung Arif dipastikan semua dalam kondisi aman. "Saat ini seluruh karyawan dalam kondisi aman," pungkasnya.

Untuk diketahui, kabar pabrik Aqua terendam banjir pertama kali tersebar dari sebuah video yang diunggah akun media sosial Facebook Jakarte "Punye Cerite". Video tersebut juga viral di aplikasi perpesanan.

Di dalam video itu, terlihat genangan air berwarna coklat memenuhi seisi ruangan yang memang terlihat seperti bangunan pabrik. Beberapa galon terlihat bertumpuk di atas undakan tembok di atas genangan air.

Selain video itu, ada video lainnya yang memperlihatkan tumpukan dus bertuliskan aqua dan kendaraan forklift yang terlihat tetap beraktivitas meski bagian lantainya digenangi air berwarna coklat.

(zlf/zlf)