Elon Musk Jual Mobil Listrik Tesla, Harganya Kurang dari Rp 400 Juta

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 23:00 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Elon Musk (Foto: AP)
Jakarta -

Elon Musk akhirnya mengumumkan harga Tesla Model S Plaid. Mobil dengan tiga motor listrik dan penggerak AWD ini dibanderol sekitar US$ 25.000 atau setara Rp 370 juta (kurs Rp 14.800/US$). Hal itu diumumkan usai presentasi akbar bertajuk Battery Day.

Penetapan harga mobil Tesla versi ultra-cepat ini dilakukan usai pihaknya melakukan perbaikan-perbaikan dalam desain baterai. Sehingga hasilnya mampu mengurangi biaya operasional yang cukup besar.

Mengutip CNN, Rabu (23/9/2020) harga Tesla S Plaid jauh lebih murah daripada mobil manapun yang dibuat Tesla sejauh ini. Elon Musk berjanji pada hari Selasa waktu setempat mobil seharga US$ 25.000 ini mampu mengaspal secara otonom.

Elon Musk juga mengumumkan bahwa Tesla sekarang menerima pesanan Model S tiga motor yang menghasilkan 1.100 tenaga kuda atau horsepower. Mobil mampu melaju dari nol hingga 60 mil per jam dalam waktu kurang dari dua detik.

Model SPlaid akan mampu menempuh 520 mil dan memiliki kecepatan tertinggi higga 200 mil per jam dengan muatan penuh.

Pada acara tersebut, Elon Musk menghabiskan sebagian besar kesempatannya dengan berbicara tentang manufaktur.

"Tesla bertujuan untuk menjadi yang terbaik dalam pembuatan perusahaan mana pun di bumi," katanya.

Pada akhirnya, Tesla diharapkan mampu memproduksi 20 juta kendaraan dalam setahun. Menurut Elon Musk, angka tersebut lebih besar dari semua kendaraan penumpang yang dijual di Amerika Serikat tahun lalu.

Sebagai perbandingan, Grup Volkswagen (VLKPF) yang menjual Volkswagen, AUdi, Porsche, dan merek lain hanya menjual sekitar 11 juta kendaraan di seluruh dunia pada tahun 2019.



Simak Video "Mobil Tesla Elon Musk Sudah Mendekati Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)