Kimia Farma Juga Siap Jual Obat COVID-19 Remdesivir, Berapa Harganya?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 01 Okt 2020 16:50 WIB
AS Borong Remdesivir, Jerman Katakan Punya Stok Cukup
Foto: DW (News)
Jakarta -

PT Kimia Farma (Persero) Tbk juga akan menjualantivirus Remdesivir, obat COVID-19. Hal itu menyusul kompetitornya, PT Kalbe Farma Tbk yang baru saja mengumumkan siap untuk mengedarkan obat tersebut ke rumah sakit dengan harga Rp 3 juta per dosis.

"(Kalau Remdesivir) masih on progres," kata Sekretaris Kimia Farma, Ganti Winarno Putro kepada detikcom, Kamis (1/10/2020).

Ganti menegaskan obat yang nantinya diedarkan oleh Kimia Farma akan berbeda dengan Kalbe Farma, termasuk dari segi harga. Namun dia belum mau membocorkan berapa kisaran harga Remdesivir yang akan dijual.

"Itu (Rp 3 juta per dosis) adalah produk milik Kalbe Farma, akan berbeda dengan yang diregistrasikan oleh Kimia Farma. Harga kami belum bisa rilis karena masih on proses," ucapnya.

Pihaknya disebut bekerja sama dengan beberapa perusahaan luar negeri yang memang sudah memiliki izin untuk produksi Remdisivir. Saat ini sedang disiapkan untuk proses distribusi.

"Kerja sama dengan perusahaan yang memiliki license, tentunya sudah memiliki license untuk Remdesivir dan saat ini kami sedang proses finalisasi seluruh proses mulai dari registrasi, hingga distribusi," tuturnya.

Selain Remdesivir, Kimia Farma juga menjual obat untuk pasien COVID-19 seperti Favipiravir, hingga Fituno. Selain itu ada juga vitamin dan alat kesehatan lainnya untuk mencegah penularan COVID-19.

"Saat ini Kimia Farma Group memproduksi dan mendistribusikan obat-obat dan vitamin untuk pengobatan COVID-19 antara lain Favipiravir, Fituno untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Becefort untuk multivitamin. Alat kesehatan lainnya seperti masker, hand sanitizer dan lain-lain untuk membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 di Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya, Antivirus Covifor (remdesivir) untuk pasien COVID-19 akan diedarkan di Indonesia oleh PT Kalbe Farma Tbk. Obat Corona tersebut dibuat oleh perusahaan farmasi India, Hetero dan diimpor ke Indonesia oleh anak perusahaan, PT Amarox Pharma Global.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius selaku distributor menjelaskan Covifor dijual di Indonesia seharga Rp 3 juta per dosis.

"Mengenai harga, bahwa harga memang saat ini sekitar Rp 3 juta," kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/2020).



Simak Video "Pelaku Pelecehan di Bandara Soetta Diburu Polisi!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)