Tim Pemulihan Ekonomi Klaim RI Lebih Baik dari AS soal Vaksin

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 05 Okt 2020 20:45 WIB
Produsen Kaca Schott AG, Mata Rantai Penting dalam Produksi Vaksin Corona
Foto: DW (News)
Jakarta -

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan COVID- 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Raden Pardede menyebut Indonesia lebih baik dibandingkan Amerika Serikat (AS) dalam pengadaan vaksin COVID-19.

"Vaksinasi ini mudah-mudahan seperti yang kita dengar di berita-berita mungkin sudah akan bisa mulai datang akhir tahun dan mungkin bisa mulai terdistribusi dengan baik di pertengahan tahun depan," kata dia dalam konferensi pers virtual, Senin (5/10/2020).

Dia menjelaskan pengadaan vaksin di Indonesia lebih baik dibandingkan Negeri Paman Sam karena Indonesia sudah punya akses terhadap perusahaan farmasi di China.

"Di sini kita beruntung juga ternyata yang kita dengar Amerika juga baru dimulai terdistribusi baik di pertengahan tahun depan. Kita mungkin agak lebih baik sedikit karena kita sudah duluan punya akses dengan vaksin yang dari China," paparnya.

Dia menjelaskan vaksin mulai didistribusikan pertengahan tahun depan beriringan dengan penyaluran bantuan sosial (bansos) yang berlanjut hingga tahun depan.

"Oleh karena itu bantuan sosial ini masih terus dilanjutkan sampai dengan pertengahan tahun depan. Vaksinasi seperti kami katakan juga mulai terdistribusi baik mungkin adalah di pertengahan tahun depan," tambahnya.

(toy/dna)