Rahmad Pribadi Tegaskan Upaya Pupuk Kaltim Dukung Pertanian Gorontalo

Yudistira Imandiar - detikFinance
Minggu, 11 Okt 2020 17:01 WIB
Pupuk Kaltim
Foto: Pupuk Kaltim
Jakarta -

Pupuk Kaltim melaksanakan program demonstration plot (demplot) komoditas padi dan jagung di Desa Hotabohu, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kegiatan tersebut dilakukan Pupuk Kaltim untuk mendorong peningkatakn produktivitas petani untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik.

Demplot tersebut diawali dengan penanaman pertama di lahan sleuar 1,5 hektare tersebut oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi Bersama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, dan perwakilan pemerintah daerah, Jumat (9/10).

Rahmad menjelaskan, program tersebut dilakukan Pupuk Kaltim untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Selain itu, Pupuk Kaltim berupaya mendorong kesejahteraan petani melalui peningkatan hasil produksi pertanian dengan pola pemupukan berimbang.

Rahmad menambahkan, peningkatan hasil pertanian masyarakat menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim dalam mendorong kesejahteraan petani di seluruh wilayah distribusi perusahaan. Ia menyebut, program demplot dinilai efektif meningkatkan produktivitas pertanian di berbagai daerah, dengan peningkatan hasil secara signifikan.

"Selain menyediakan pupuk berkualitas, Pupuk Kaltim sebagai anak usaha Pupuk Indonesia, sudah sepatutnya membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat melalui pendampingan pola pemupukan berimbang," ulas Rahmad dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020).

Pada kesempatan itu, Pupuk Kaltim juga menyalurkan bantuan 1 ton NPK Pelangi untuk petani di Gorontalo. Rahmad berharap dengan bantuan tersebut, produktivitas lahan pertanian menggunakan produk Pupuk Kaltim bisa diaplikasikan di luar program demplot.

Bantuan tersebut, jelas Rahmad, merupakan bentuk kontribusi Pupuk Kaltim dalam memaksimalkan sektor agraris di Gorontalo. Pihaknya juga memastikan penyediaan pupuk di seluruh wilayah distribusi dan sinergi BUMN pada berbagai program.

"Ini juga bentuk kontribusi Pupuk Kaltim dalam mendukung cita-cita Gorontalo menjadi salah satu dari 5 provinsi paling makmur di Indonesia," tambah Rahmad.

Sementara itu, Rachmat Gobel mengapreasiasi upaya Pupuk Kaltim mendorong produktivitas pertanian di Gorontalo melalui program demplot. Program tersebut, ungkap Rachmat, diharapkan bisa membantu terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pertanian, sekaligus meningkatkan kontribusi hasil pertanian bagi negara.

"Pertanian Gorontalo harus maju dan berkembang, dari biasa menjadi luar biasa. Ini yang harus kita perjuangkan bersama dan adanya dukungan Pupuk Kaltim diharap membantu mewujudkan itu," seru Rachmat.

Ia pun mengimbau petani Gorontalo agar bisa lebih produktif, dengan terus meningkatkan kemampuan tata kelola lahan pertanian dan pemupukan yang bisa dipelajari pada demplot Pupuk Kaltim, khususnya untuk komoditas padi dan jagung.

"Kita harus bangga menjadi petani, tunjukkan jika petani juga mampu lebih sejahtera dan memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara," ujar Rachmat.



Simak Video "Serunya Aneka Kegiatan HUT ke-40 Pupuk Kaltim"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/zul)