Top! Kapal Selam Buatan Surabaya Berhasil Capai Kedalaman 311 M

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 14:27 WIB
Kapal Selam Alugoro jalani tahapan NDD di Pulau Bali
Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Kapal selam karya anak bangsa, Kapal Selam Alugoro, berhasil menjalani tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD). Kapal selam buatan PT PAL Indonesia sukses mencapai kedalaman hampir 311 meter di bawah permukaan laut.

Merayakan kesuksesan itu, para tim yang terlibat di dalamnya merayakan capaian fenomenal tes tersebut dengan meminum air laut saat di kedalaman 311 meter tersebut sembari mengucap rasa syukur.

"Kapal selam Alugoro telah mencapai menyentuh kedalaman 311 meter, sekarang kita peringati sukses ini dengan minum air laut dari kedalaman 311 meter. Semuanya happy dan bersyukur bahwa kapal selam mampu atau melampaui batas yang ditetapkan. Terima kasih, Alhamdulillah, Amin," ujar salah satu tim memberikan sambutan sebelum bersulang dikutip dari Channel YouTube PT PAL Indonesia, Jumat (16/10/2020).

Dirut PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh, salah satu orang yang ikut bersulang pun menceritakan saat detik-detik menegangkan kejadian pada 4 Maret 2020 itu. Ia pun merasakan betapa asinnya air laut di kedalaman 300 meter yang mereka minum.

"Airnya asin banget dan dingin," kata Budiman dikutip dari CNBC Indonesia.

Ia mengatakan uji coba itu berlangsung di Laut Bali Utara yang punya kedalaman laut sampai 500-800 meter di bawah permukaan laut.

"Saya ingin memastikan produknya sebelum dikirim ke pengguna (TNI AL)," kata Budi menjawab alasannya ikut 'nekat' uji coba kapal selam Alugoro yang mendebarkan.

Ia bilang uji coba Tactical Diving Depth (TDD) bagian dari Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro yang berisiko dari sisi desain dan produksi kapal selam.

"NDD dan TDD pengujian yang paling berisiko desain dan produksi, apalagi ini pengujian pertama kali PT PAL dan Indonesia," katanya.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2