Supermarket Online Asal Inggris Beli 2 Perusahaan Robot di AS

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 02 Nov 2020 21:45 WIB
belanja online
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Perusahaan supermarket online asal Inggris, Ocado mengumumkan telah mengakuisisi dua perusahaan robotika di Amerika Serikat (AS). Aksi korporasi itu bertujuan untuk membuat gudangnya lebih efisien.

Melansir CNBC, Senin (2/11/2020), dua perusahaan robotika yang dibeli Ocado di antaranya Kindred Systems yang bermarkas di San Francisco dan Haddington Dynamics di Las Vegas.

Kindred Systems sendiri diakuisisi dengan harga US$ 262 juta atau setara Rp 3,82 triliun kurs Rp 14.600. Sementara Haddington Dynamics dibeli seharga US$ 25 juta Rp 365 milia. Pembelian kedua perusahaan itu dilakukan dalam bentuk tunai dan saham.

"Dalam misi kami untuk memecahkan salah satu tantangan terberat di dunia dalam bidang robotika, pengambilan dan pengemasan bahan makanan, kami mengakuisisi dua perusahaan robotika terkemuka," tulis Ocado dalam sebuah pengumuman.

Kindred Systems, yang memiliki total sekitar 45 insinyur dan 90 staf, membangun robot yang digunakan untuk mengambil dan mengemas pesanan online. Sementara Haddington Dynamics merupakan perusahaan yang membuat lengan robotik.

Chief Executive Ocado Tim Steiner mengatakan akuisisi akan memungkinkan perusahaan untuk mempercepat pengiriman, berinovasi lebih banyak, dan tumbuh lebih cepat.

Akuisisi ini akan berdampak kecil pada pendapatan perusahaan, meski begitu perusahaan yakin pendapatan akan meningkat di tahun keuangan berikutnya sekitar £ 30 juta (US$ 38,7 juta), kata Ocado.

Ketika banyak bisnis telah dirugikan oleh pandemi, bisnis Ocado mendapatkan keuntungan karena banyak orang beralih ke belanja online.

(das/dna)