Pfizer Bikin Vaksin Efektif Cegah Corona 90%, RI Minat?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 17:50 WIB
Inggris Pesan Jutaan Vaksin Corona Eksperimental BioNTech dan Pfizer
Foto: DW (News)
Jakarta -

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS), Pfizer bekerja sama dengan BioNTech memberikan kabar baik untuk dunia. Keduanya mengumumkan telah menemukan vaksin Corona yang 90% ampuh untuk mencegah virus Corona (COVID-19).

Lantas, apakah Indonesia berencana untuk memesan vaksin tersebut?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hingga saat ini belum memilih vaksin Pfizer untuk stok vaksin di Indonesia.

"Indonesia tentunya salah satu dari berbagai vaksin itu dipertimbangkan. Tetapi kita belum memasukkan Pfizer sebagai salah satu," kata Airlangga dalam konferensi pers ASEAN Summit 2020: 19th ASEAN Economic Community (AEC) Council Meeting, Selasa (10/11/2020).

Belum diketahui apakah ke depannya Indonesia akan membeli vaksin Corona tersebut atau tidak. Yang jelas, kata Airlangga, pemerintah sedang fokus dengan pengadaan vaksin yang sedang berjalan saat ini.

"Ini disiapkan untuk menjadi bagian yang berikutnya karena masih banyak yang dibahas terkait dengan pengadaan vaksin," ucapnya.

Seperti diketahui, Indonesia melalui PT Bio Farma (Persero) telah bekerja sama dengan beberapa negara untuk pengiriman vaksin ke Indonesia. Di antaranya ada perusahaan teknologi kesehatan G42 Healthcare AI Holding Rsc Ltd dari Uni Emirat Arab (UEA), perusahaan farmasi asal Inggris AstraZeneca, hingga Sinovac Biotech Co dari China.

Diberitakan sebelumnya, Pfizer dikabarkan baru akan mengirimkan 100 juta dosis vaksin tahun ini kepada AS. Mereka juga telah mencapai kesepakatan pasokan vaksin COVID-19 dengan Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Jepang.



Simak Video "Pertama di Dunia! Inggris Akan Pakai Vaksin Corona Pfizer"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)