Klaim Vaksinnya Manjur 94%, Moderna Ajukan Izin Penggunaan Darurat

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 22:24 WIB
Apa Keunggulan Vaksin Moderna Dibanding Vaksin BioNtech?
Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS), Moderna meminta izin penggunaan darurat kepada Food and Drug Administration untuk vaksin COVID-19 yang mereka buat. Sebab menurut data terbaru mereka, vaksin yang mereka buat efektivitasnya sudah mencapai lebih dari 94% dalam mencegah COVID-19 dan aman.

Melansir CNBC, Senin (30/11/2020), Moderna akan menjadi produsen obat kedua yang mencari penggunaan darurat dari FDA setelah Pfizer. Pfizer sendiri sudah lebih dulu mengajukan permohonan otorisasi yang sama pada 20 November lalu.

Pengumuman yang dilakukan itu berarti beberapa warga AS bisa mendapatkan dosis pertama dari Modern. Analisis baru dari Moderna mengevaluasi 196 infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi di antara 30.000 peserta uji coba tahap akhir.

Perusahaan mengatakan 185 kasus diamati pada kelompok plasebo dibandingkan 11 kasus yang diamati pada kelompok yang menerima vaksinnya. Itu menghasilkan perkiraan kemanjuran vaksin mencapai 94,1%.

Pada 16 November perusahaan merilis analisis awal dari uji coba fase tiga berdasarkan hanya 95 kasus COVID-19 yang menunjukkan vaksinnya setidaknya 94% efektif. Sementara data terbaru memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang keefektifan vaksin.

Langsung lanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2