Sertifikasi Pesawat N219 Kelar Tahun Ini, Mulai Dijual 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 11 Des 2020 17:16 WIB
Pesawat N219
Foto: Dok PTDI
Jakarta -

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan proses sertifikasi pesawat N219 alias pesawat Nurtanio produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) terus berlangsung.

Bambang mengatakan sebelum tutup tahun, pesawat N219 akan resmi mendapatkan sertifikasi terbang dari Kementerian Perhubungan, melalui Dirjen Perhubungan Udara.

"Pagi ini di Bandung ada penerbangan uji terakhir untuk pesawat N219. Harapannya sebelum tutup tahun pesawat ini dapat sertifikasi dari Perhubungan Udara, Kemenhub," ujar Bambang dalam sebuah webinar, Jumat (11/12/2020).

Rencananya, apabila N219 sudah mendapatkan sertifikasi dari Kemenhub, tahun depan pesawat buatan anak negeri ini bisa diproduksi massal dan menjadi komersial.

"Tahun depan, N219 sudah bisa digunakan secara luas dan masuk tahap komersial," ujar Bambang.

Bambang mengatakan pesawat ini dikembangkan dan diproduksi dari nol di dalam negeri. Proses manufakturnya melibatkan PT Dirgantara Indonesia.

"Ini bisa jadi sejarah, pesawat ini dari nolnya dikembangkan 100% oleh putra putri terbaik kita. Lalu, dilakukan manufacturing-nya sampai fungsi integrator terakhir dari PTDI, sehingga lahirlah pesawat yang benar-benar dibuat di Indonesia," ujar Bambang.

Adapun sejak awal Desember pesawat N219 memang sedang melakukan uji terbang untuk mendapatkan sertifikasi dari Kemenhub. Dari catatan detikcom, mengutip laman Lapan, sejak 1-3 Desember telah dilakukan uji terbang N219 Prototipe 1 (PD1) di Bandara Nusawiru, Pangandaran, Jawa Barat.

Sementara itu, hari ini pesawat Nurtanio prototipe 2 (PD2) yang melakukan uji coba di Bandung. Uji terbang diselenggarakan pada 10 sampai 12 Desember, dilakukan oleh pilot dan FTE Kemenhub.

Uji terbang dilakukan untuk melakukan pengecekan pada beberapa komponen pesawat. Mulai dari stall speed determination, vibration, and buffeting, one engine inoperative, in flight engine start, take-off and landing distance determination, dan sebagainya.

Setelah semua uji PD1 dan PD2 lulus, akan diadakan final type certification board meeting (TCBM) untuk menentukan type certificate data sheet (TCDS) sebagai lampiran sertifikat tipe untuk N219.

(eds/eds)