Jokowi Putuskan Vaksin COVID-19 Gratis, Sri Mulyani Hitung Anggaran

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 19:59 WIB
Vaksin Covid-19: Negara-negara termiskin di dunia tak boleh terinjak-injak dalam perebutan vaksin corona, menurut WHO
Foto: BBC World
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati segera menghitung kebutuhan anggaran untuk program vaksinasi virus Corona (COVID-19) gratis kepada seluruh masyarakat.

Vaksin gratis merupakan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumnya ada dua jenis vaksinasi, yakni yang gratis alias dibiayai pemerintah, dan ada yang mandiri atau berbayar.

"Kemarin waktu Presiden mengatakan 'oh nanti kita semuanya perlu divaksin dan vaksinnya akan digratiskan' maka kita harus mulai menghitung untuk kebutuhan itu," kata Sri Mulyani dalam webinar, Minggu (20/12/2020).

Bendahara negara itu menjelaskan bahwa program tersebut merupakan upaya untuk mendukung hal yang menjadi prioritas, yakni manusia.

"Itu adalah pekerjaan yang kita hadapi di dalam rangka untuk mendukung tadi yang prioritas, yaitu manusianya yang paling penting," paparnya.

Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 diberikan secara gratis tanpa syarat apapun kepada masyarakat. Saat ini pemerintah juga sedang merampungkan perencanaan tahapan vaksinasi COVID-19.

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemberian vaksin Corona tidak perlu adanya syarat sebagai anggota BPJS Kesehatan.

"Menindaklanjuti kebijakan vaksin COVID-19 gratis yang diumumkan Presiden pada tanggal 16 Desember lalu, dapat kami tegaskan bahwa vaksin COVID-19 gratis untuk masyarakat, tanpa persyaratan apapun, juga tanpa persyaratan keanggotaan dan keaktifan di BPJS Kesehatan," kata dia dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu (19/12/2020).

(toy/dna)