Erick Thohir Pakai QR Code buat Lacak Vaksin Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 17:05 WIB
Erick Thohir menggantikan posisi Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN periode 2019-2024. Proses sertijab jabatan itu pun digelar di Kantor Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya telah menyiapkan sistem untuk mendistribusikan vaksin Corona ke berbagai daerah. Erick mengatakan, pihaknya menyertakan QR code pada vaksin tesebut.

Erick bilang, pihaknya bisa memantau perjalanan vaksin tersebut secara detil.

"Satu mengenai distribusi, tadi kami sampaikan sesuai dengan penugasan kami dari Kementerian BUMN sudah menyiapkan sistem yang tidak sempurna, karena yang sempurna adalah milik Allah SWT," katanya dalam konferensi pers bersama KPK, Jumat (8/1/2021).

"Tapi salah satunya bagaimana dari vial, dari box sampai ke mobil itu semua ada QR code-nya dan bisa dipantau perjalanannya secara detil," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Erick berharap pimpinan daerah dan KPK turut membantu agar vaksin Corona bisa sampai ke daerah-daerah terpencil dengan baik. Apalagi, fasilitas penyimpanan untuk vaksin mesti dijaga antara 2 hingga 8 derajat celcius.

"Tentu di sinilah kenapa kami juga sangat berharap para pimpinan daerah dan tentu di sini KPK turut membantu, Pak Menkes yang bekerja keras dua minggu terakhir ini juga ingin memastikan bahwa setelah sampai provinsi turunannya sampai daerah-daerah terpencil bisa terjadi dengan baik, karena cold chain-nya karena penyimpan pendinginnya harus konsisten 2-8 derajat celcius," ujarnya.

(acd/ara)