GM Jual Truk Van Listrik Perdana ke FedEx

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 12:54 WIB
General Motors
Foto: Reuters
Jakarta -

Produsen mobil, General Motors mulai menjual van atau truk pengiriman berbahan bakar listrik tahun ini di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Dikutip dari CNN, Rabu (13/1/2021) kendaraan itu bernama BrightDrop yang dibuat atas kolaborasi dengan perusahaan jasa pengiriman FedEx. FedEx Express akan menjadi pelanggan pertama GM yang menggunakan van pengiriman tersebut.

GM mengklaim BrightDrop dapat melaju hingga 250 mil dengan muatan penuh. Truk juga difasilitasi kekuatan pengisian batre yang cepat sehingga truk bisa melaju 170 mil dalam satu jam.

Dengan begitu truk listrik milik GM akan membantu mengirimkan barang jarak jauh dengan cepat yang diperkirakan akan tumbuh 78%pada tahun 2030.

Selain itu, BrightDrop dilengkapi dengan papan palet listrik bermotor untuk membawa paket dari truk ke tempat lainnya. Palet itu akan dikendalikan oleh driver atau kurir.

Palet listrik yang disebut EP1 akan memiliki kecepatan maksimal 5 mil per jam. Satu EP1 dapat membawa kargo hingga 200 pound, atau 23 kaki kubik. Dengan begitu, GM juga mengklaim kurir mampu menangani 25% lebih paket dengan hanya menggunakan EP1.

BrightDrop juga dibuat untuk mengerjakan pengiriman jarak menengah yang dapat membawa banyak EP1 di sekitar area seperti kampus atau gudang besar.

Selain GM, produsen mobil lain juga tengah mengembangkan van pengiriman tenaga listrik mereka. Seperti Rivian, yang terkenal dengan mobil model pikap listrik dan SUV kini tengah mengerjakan van pengiriman untuk investor utamanya, Amazon.

Selanjutnya sebuah perusahaan yang meluncurkan kendaraan konsep listrik swakemudi pada tahun 2019, Canoo baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memproduksi van pengirimannya sendiri.

(zlf/zlf)