Joe Biden Cabut Aturan Trump, Aluminium UEA Masuk AS Kena Tarif 10%

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 15:20 WIB
Presiden AS Joe Biden jungkirbalikkan aturan perubahan iklim era Trump, apa saja isinya?
Foto: BBC World: Presiden AS Joe Biden
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mempertahankan tarif impor aluminium dari Uni Emirat Arab (UEA) sebesar 10%. Kebijakan itu berlawanan dengan keputusan pendahulunya, Donald Trump.

Mengutip Reuters, pada hari terakhir menjabat presiden AS, Donald Trump mencabut pungutan bea impor aluminium dari UEA. Donald Trump membebaskan UEA dari tarif 10% yang dikenakan pada sebagian besar impor aluminium yang berlaku sejak 2018.

Kala itu, Donald Trump mengatakan AS dan UEA telah mencapai kesepakatan baru terkait kuota yang akan membatasi impor aluminium. Pembebasan tarif impor aluminium itu rencananya baru akan mulai berlaku pada Rabu (3/2).

Sebelum meninggalkan Gedung Putih, Trump memang sempat memberikan sejumlah 'kado' untuk UEA. Salah satunya, negara Arab itu meraih kesepakatan terkait pembelian 50 jet tempur F-35 dan 18 drone (pesawat tak berawak) bersenjata dengan AS.

Joe Biden mengatakan akan menghentikan sementara beberapa kesepakatan Trump termasuk itu untuk meninjaunya. Tarif aluminium dipandang akan lebih efektif dalam melindungi produsen dalam negeri daripada kesepakatan belum teruji yang diteken Trump.

"Saya menganggap perlu dan sesuai mengingat kepentingan keamanan nasional kita untuk mempertahankan saat ini perlakuan tarif yang diterapkan pada impor barang aluminium dari UEA," kata Joe Biden dikutip dari Reuters, Selasa (2/2/2021).

Kedutaan UEA di Washington belum memberikan komentar. Donald Trump pertama kali memberlakukan tarif impor pada 2018 untuk menghidupkan kembali fasilitas aluminium yang menganggur, membuka pabrik peleburan dan pabrik tertutup, dan meningkatkan produksi dalam negeri dengan mengurangi ketergantungan AS pada produsen asing.

Sebelum pandemi COVID-19, data AS menunjukkan penurunan 25% dalam impor aluminium dari UEA setelah tarif, diimbangi dengan kenaikan 22% produksi aluminium dalam negeri hingga 2019. Impor aluminium dari UEA sendiri mencapai US$ 1,3 miliar pada 2019.

Tonton juga Video: Biden Cabut Aturan Trump, Kini Transgender Boleh Jadi Tentara AS

[Gambas:Video 20detik]



(aid/hns)