Jaguar Bakal Luncurkan Mobil Listrik Mulai 2025

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 21:50 WIB
Logo Jaguar
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jaguar Land Rover (JLR) rencananya akan mulai meluncurkan mobil listrik pertamanya pada tahun 2024 mendatang. Total, ada 6 varian atau model mobil listrik yang akan dijual pabrikan mobil milik Tata Motors India tersebut di 2025.

Dikenal dengan model E-Type yang ikonik dan berperforma tinggi pada tahun 1960-an dan 1970-an, Jaguar menghadapi tantangan yang sama seperti banyak produsen mobil lainnya, yaitu melakukan transisi ke kendaraan listrik sambil tetap mempertahankan perasaan dan kekuatan model mesin pembakaran mewah.

JLR mengatakan akan tetap membuka ketiga pabriknya di Inggris.

"Saatnya membayangkan kembali bab berikutnya untuk kedua merek," kata Kepala Eksekutif Thierry Bollore dilansir dari Reuters, Senin (15/2/2021).

Saham Tata Motors pun naik sebanyak 3% setelah pengumuman tersebut. JLR mengatakan rencana mobil listrik Jaguar akan dipusatkan di pabrik Solihull.

Bollore, yang mengambil alih sebagai CEO pada bulan September mengatakan pabrik Castle Bromwich akan fokus pada aktivitas non-produksi dalam jangka panjang.

JLR mengatakan akan menghabiskan sekitar US$ 3,5 miliar setiap tahun untuk teknologi elektrifikasi.

Perusahaan mengatakan juga berinvestasi dalam mengembangkan sel bahan bakar hidrogen untuk mengantisipasi pergeseran masa depan ke hidrogen untuk kendaraan listrik.

Produsen mobil itu akan memiliki prototipe yang menggunakan sel bahan bakar hidrogen di jalan-jalan Inggris dalam tahun depan. Itu sebagai bagian dari rencana investasi jangka panjang.



Simak Video "Seekor Jaguar Dievakuasi dari Kebakaran Hutan di Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)