FAA Mulai 'Pelototi' Boeing 777

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 22 Feb 2021 21:45 WIB
Boeing 777-9X
Ilustrasi/Foto: CNN
Jakarta -

Regulator memberikan perhatian khusus terkait dengan adanya dorongan penangguhan beberapa pesawat Boeing usai adanya insiden rusak mesin pada penerbangan United Airlines. Puing-puing pesawat Boeing 777 ini berjatuhan dan membuat maskapai kembali ke Bandara Internasional Denver tak lama setelah lepas landas.

Federal Aviation Administration (FAA) di Amerika Serikat menyerukan peningkatan inspeksi pesawat Boeing 777 khususnya yang dilengkapi mesin Pratt & Whitney PW4000.

Mengutip Reuters, Senin (22/2/2021), pihak Raytheon pemilik mesin Pratt & Whitney sedang berkoordinasi dengan regulator terkait dengan protokol inspeksi.

Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA) sedang meminta banyak informasi tentang mesin Pratt & Whitney sehubungan dengan peristiwa para pesawat United Airlines.

"Ini tentu saja situasi yang tidak diinginkan baik bagi Boeing dan Pratt, tetapi dari waktu ke waktu masalah pesawat dan mesin akan muncul," kata Greg Waldron, editor pelaksana di publikasi industri Flight Global.

Dalam waktu dekat, FAA akan menerbitkan terkait dengan arahan darurat kelayakan udara. Sebab, insiden yang terjadi pada pesawat Boeing melibatkan jenis mesin PW4000.

(hek/hns)