Luhut Sebut Ada 70 Juta Orang RI yang Divaksin Pada Juli 2021

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 12:16 WIB
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ada sekitar 70 juta masyarakat yang ikut vaksinasi COVID-19 pada periode Juli dan Agustus 2021. Hal ini untuk mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity.

Saat ini, proses vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan kepada sekitar 500 ribu masyarakat per hari dan akan meningkat menjadi 700 ribu per hari di April 2021.

"Agustus kita bisa dapat 70 juta dan kita target sesuai operasi minimal terjadi herd immunity dan ekonomi mulai jalan," kata Luhut dalam acara Economic Outlook 2021 di CNBC Indonesia TV, Kamis (25/2/2021).

Target tersebut, dikatakan Luhut sudah sesuai dengan ketersediaan vaksin COVID-19 yang sudah berhasil diadakan pemerintah. Proses percepatan vaksinasi pun akan dilakukan berdasarkan basis data yang jelas.

Dia mengatakan ada 13 provinsi dari 34 provinsi yang berkontribusi terhadap penyebaran kasus. Di mana 13 provinsi ini tercatat sebanyak 83% pasien dari total kasus yang ada di tanah air.

"Yang lain ada, tapi jumlahnya tidak besar. Jadi jangan melihat whole Indonesia, kalau kita nggak mampu semua, kan kita bisa operasi militer kita lihat mana dulu yang paling berpengaruh, kita attack dulu," ungkapnya.

Dengan strategi seperti itu, Luhut mengaku pada bulan Juli atau Agustus terdapat 70 juta orang yang disuntik vaksin COVID-19 dan proses herd immunity bisa lebih cepat. "Apa yang kami lihat ini very confidence, Juli atau Agustus kita dapatkan 70 juta," kata Luhut.

(hek/fdl)