Ada Vaksinasi Mandiri, Yakin Nggak Bentrok Sama Program Pemerintah?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 19:15 WIB
Sejumlah pekerja media mendapatkan vaksin COVID-19. Proses vaksinasi dilakukan di Hall A Senayan, Jakarta.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah memastikan vaksinasi virus Corona (COVID-19) mandiri alias gotong royong tidak akan bentrok dengan vaksinasi program pemerintah. Vaksinasi mandiri dilakukan oleh swasta dalam hal ini pengusaha.

Program vaksin gotong royong tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Inisiatif tersebut telah terakomodasi dengan disertai aturan-aturan detailnya yang dipastikan tidak akan bentrok dengan vaksin program pemerintah," kata Koordinator PMO KPCPEN dan Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/2/2021).

Justru, program mandiri dijelaskannya adalah upaya paralel yang saling melengkapi dan saling menguatkan dengan program vaksinasi pemerintah.

"Program pemerintah tetap berjalan, strategi pemerintah tetap berjalan, jadwal pemerintah tetap berjalan untuk vaksinasi," sebutnya.

Terlebih pengusaha bersedia memberikan vaksin kepada para pekerjanya secara gratis. Terlepas dari itu dia memastikan vaksinasi program pemerintah tak akan terganggu.

"Jadi tidak ada perubahan sama sekali dari jadwal yang telah ditentukan dan juga tidak mengubah mana yang prioritas pemerintah. Pemerintah tetap melaksanakan vaksinasi sesuai dengan prioritasnya," tambah Arya.

(toy/eds)