Mitsubishi Mau Ikut Garap Mobil Listrik di RI?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 16:10 WIB
Mobil Listrik
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Pemerintah gencar mengajak produsen otomotif dari luar negeri untuk mengembangkan kendaraan berbahan bakar listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita hari ini melakukan kunjungan kerja ke Jepang, salah satu agendanya bertemu dengan produsen otomotif, Mitsubishi. Apakah mereka berpeluang menggarap mobil listrik di Indonesia?

"Khusus untuk di EV, mereka masih melakukan studi terhadap model-model yang akan dikembangkan. Tapi mereka sudah memberikan komitmen bahwa termasuk full EV, mereka akan kembangkan," kata Agus dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/3/2021).

Dia menjelaskan bahwa pekerjaan rumah atau PR dari Indonesia adalah menyiapkan infrastruktur terkait ekosistem kendaraan listrik. Sementara Kementerian Perindustrian tugasnya ada pada proses produksi. Untuk itu butuh kerja sama dengan kementerian/lembaga terkait.

"Kita harus berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain untuk membangun infrastruktur seperti charging station dan lain sebagainya, termasuk kita perlu mempersiapkan apa yang dinamakan dengan battery recycle karena pada dasarnya dengan teknologi yang semakin maju semua hal itu bisa di-recycle, disebut dengan circular economy," sebutnya.

Agus menerangkan untuk sementara ini Mitsubishi akan fokus berinvestasi untuk pengembangan kendaraan listrik hybrid dan plug-in hybrid di Indonesia.

"Memang itu pilihan bisnis dari mereka. Tentu juga kami dari pemerintah juga akan terus mengawal," tambahnya.

Tonton juga Video: Penampakan Truk Listrik Mitsubishi di GIICOMVEC 2020

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah, Seharga Terios dan Rush Cs "
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)