Cabut Dari China, Produsen Sepatu Jepang Ini Pilih RI

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 11 Mar 2021 07:00 WIB
Ilustrasi tali sepatu lepas
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Produsen sepatu Jepang, ASICS memindahkan (merelokasi) pabriknya dari China ke Indonesia. Hal itu menambah deret perusahaan yang pindah dari Negeri Tirai Bambu ke Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan relokasi pabrik sepatu tersebut usai melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan di Jepang.

"ASICS tadi dia mengatakan bahwa sebelumnya mereka punya beberapa fasilitas di China, dan semua fasilitas itu ditutup kecuali satu, dan dipindahkannya ke Indonesia yang tadi saya sampaikan di Tegal, Cirebon, dan juga di Pemalang," katanya dalam konferensi pers virtual, kemarin Rabu (10/3/2021).

Agus menjelaskan, fasilitas pabrik ASICS di Cirebon dan Tegal akan mulai produksi pada Januari 2022. Sementara fasilitas baru mereka di Pemalang akan mulai produksi pada Maret 2023.

"ASICS telah memberikan komitmen pengembangan di tiga tempat. Sekarang mereka baru memiliki satu pabrik saja di Jakarta," sebutnya.

Agus menerangkan bahwa sejauh ini hampir 90% produk ASICS yang diproduksi di Indonesia diekspor ke berbagai negara mulai dari Amerika hingga Jepang.

"Berarti itu menandakan bahwa industri-industri kita ini, anak-anak bangsa ini, sumber daya-sumber daya manusia di Indonesia itu sudah bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi yang diterima pada market-market yang memang mempunyai prevalensi yang tinggi," tambahnya.

Sementara itu BKPM mencatat ada 154 perusahaan yang akan relokasi ke Indonesia. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler