Unik! Ini Alasan SilverQueen Dicampur Kacang Mede

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 21 Mar 2021 20:00 WIB
kacang mete
Foto: iStock
Jakarta -

SilverQueen menjadi salah satu cemilan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Merek itu memiliki khas di mana cokelat dipadukan dengan kacang mede.

Pemiliknya yang berkebangsaan Burma, Ming Chee Chuang memilih kacang mede sebagai campuran cokelat berdasarkan hasil inovasinya sendiri. Saat itu dia sedang berjuang bagaimana caranya agar bisa mempertahankan bisnis, karena tidak bisa ikut program Banteng yang diselenggarakan pemerintah Indonesia khusus untuk orang pribumi.

Di sisi lain, campuran kacang mede dalam SilverQueen juga sebagai penguat untuk membuat cokelat batangan. Saat itu untuk membuat cokelat batangan sangat sulit, karena belum ada teknologi untuk membuatnya tidak meleleh ketika dipajang di toko karena iklim tropis Indonesia yang panas.

Chuang pun membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengetahui cara-cara modern membuat cokelat batangan yang dicampur kacang mede agar berasa lebih enak. Dia melancong ke Amsterdam, Belanda, belajar ke pabrik cokelat CJ Van Houten yang sudah memproses kakao menjadi cokelat jadi.

Singkat cerita SilverQueen semakin berkembang dan semakin dikenal luas. Chuang pun semakin bertambah usia dan perkembangan perusahaan yang ia miliki harus dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

Estafet kepemimpinan pun harus diwariskan Chuang kepada anak-anaknya yakni John dan Joseph. Di tangan mereka lah bisnis semakin berkembang hingga mendirikan perusahaan baru pada 1984 bernama Petra Food yang kantor pusatnya terletak di Singapura.

Perusahaan itu pun menjadi satu bagian dengan PT Perusahaan Industri Ceres dengan produk dan merek andalan lainnya seperti Delfi, SilverQueen, Ritz, Biskuit Selamat, Chunky Bar, hingga cokelat tabur (meises) Ceres.

Pasar SilverQueen pun terus berkembang hingga mendunia. Dilansir dari situs resmi perusahaan, bisnisnya saat ini telah berkembang ke Singapura, dan menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara seperti Filipina, dan Malaysia. Produknya termasuk SilverQueen juga telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, dan Vietnam.



Simak Video "Menyusuri 10 Stilasi Bukti Peristiwa Bandung Lautan Api"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/dna)