Harga Fortuner-Innova Turun hingga Rp 80 Juta, Saatnya Beli Mobil?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 20:50 WIB
Beli mobil
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pemberian diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kapasitas mesin di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc akan berlaku mulai April. Itu artinya, mobil sekelas Innova hingga Fortuner harganya bakal turun. Dengan diskon pajak yang berlaku ini, apakah sekarang waktu yang tepat buat beli mobil?

Menurut perencana keuangan Andy Nugroho, saat ini memang waktu yang tepat untuk beli mobil. Apalagi untuk tipe 1.500 cc ke atas yang akan mendapatkan diskon PPnBM, menurutnya harga mobil sekelas Innova bisa dapat diskon hingga puluhan juta.

Namun yang harus digaris bawahi beli mobil juga harus melihat kebutuhan. Dalam hal ini dia sangat mendukung apabila pembelian mobil di tengah adanya diskon ini digunakan untuk usaha, untuk jadi mobil sewaan misalnya.

"Bisa aja kalau mau beli jadi mobil disewakan, mobil perusahaan, mobil buat usaha lah. Ini ya waktu yang tepat sekali. Bisa dapat diskon puluhan juta kan," kata Andy kepada detikcom, Selasa (23/3/2021).

Andy mewanti-wanti apabila budget alias biayanya tak cukup jangan memaksa diri untuk membeli mobil 1.500 cc yang kena diskon pajaknya. Ada baiknya dipertimbangkan matang-matang, apalagi kalau tujuannya untuk mengikuti keinginan ganti mobil.

"Kalau buat rekreasional jalan jalan keluarga aja, atau mau keinginan buat ganti mobil aja ya saran saya dipertimbangkan lagi. Apalagi kalau budgetnya memang belum ada," ujar Andy.

Selanjutnya
Halaman
1 2