Luhut-Erick Mau ke AS, Cari Mitra Bikin Baterai Kendaraan Listrik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 17:40 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Komisi VI DPR menggelar rapat kerja membahas pelaksanaan pembelian Vaksin COVID-19.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, dirinya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akan terbang ke Amerika Serikat pada April mendatang. Mereka akan terbang ke AS untuk mencari mitra dalam pengembangan baterai kendaraan listrik.

Erick mengatakan, Indonesia akan terbuka dengan mitra lain, tak hanya dengan CATL dan LG Chem.

"Kita juga membuka kerja sama tidak hanya dengan CATL dan LG Chem kita juga membuka dengan partner lainnya," kata Erick dalam konferensi pers, Jumat (26/3/2021).

"Karena itu di pertengahan April ini Pak Menko Pak Luhut, dan saya bersama Menteri Perdagangan kita akan ke Amerika salah satunya melihat potensi kerja sama dengan pihak yang di Amerika," tambahnya.

Selain Amerika Serikat, Erick bilang, pihaknya juga akan ke Jepang untuk mencari mitra tersebut.

"Kita juga berencana mendatangi negeri Jepang yang tidak lain ingin bicara hal yang sama," jelasnya.

Erick menekankan, Indonesia Battery Corporation (IBC) terbuka untuk bekerjasama dengan mitra lain, namun harus terkonsolidasi.

"Kalau tidak terkonsolidasi yang kita takuti hilirisasi tidak berjalan dengan baik, yang akhirnya hanya mengalihkan kekayaan alam kita untuk dipakai bangsa lain, dilakukan market yang di luar negeri sebagai pembesaran, akhirnya masuk ke dalam negeri lagi," ujarnya.

(acd/zlf)