Terpopuler Sepekan

Ada Restu Sri Mulyani di Balik Turun Harga Innova-Fortuner

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 27 Mar 2021 16:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pemerintah telah merestui pemberian diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan diskon pajak ini untuk kendaraan dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc rencananya diskon pajak ini akan berlaku pada April mendatang.

Dengan spesifikasi mesin kendaraan tersebut, ini artinya mobil sekelas Innova sampai Fortuner akan mengalami penurunan harga.

Kementerian keuangan sedang menyelesaikan peraturan menteri keuangan (PMK) terkait pengaturan diskon tersebut. Jika sudah selesai maka PMK akan segera diumumkan. Dengan kebijakan ini kendaraan bermotor jenis Innova dan Fortuner harganya akan turun.

Saat ini sedang berlangsung relaksasi PPnBM bertahap, sebesar 0% pada Maret-Mei, lalu PPnBM 50% pada Juni-Agustus, dan terakhir PPnBM 25% di akhir tahun September-November.

Dalam aturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Fortuner dan Innova masuk dalam kendaraan berpenggerak 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 2.500 cc dikenakan tarif PPnBM sebesar 20%. Sedangkan Fortuner 4x4 dikenakan tarif PPnBM 40%.

Bagaimana perhitungannya? klik halaman berikutnya.