Prabowo ke Korsel, Proyek Jet Tempur RI Dilanjutkan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 15:30 WIB
Kementerian Pertahanan melakukan serah-terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan dari Ryamizard Ryacudu ke Prabowo Subianto.
Menhan Prabowo Subianto/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Wook. Keduanya membahas proyek pengembangan pesawat tempur.

Dikutip dari Yonhap News Agency, Kamis (8/4/2021), pertemuan terjadi usai acara peluncuran prototipe pesawat tempur pertama di Korea Selatan yang disebut KF-X. Proyek pengembangan KF-X/IF-X akan berlanjut dan melambangkan kepercayaan yang kuat antar kedua negara.

Kunjungan Prabowo ke Korea Selatan ini terjadi di tengah spekulasi jika Indonesia akan menghentikan kerja sama tersebut.

Sebelumnya Indonesia sudah sepakat untuk menanggung 20% biaya pembuatan pesawat tempur baru tersebut atau sekitar 8,8 triliun won. Namun Indonesia menghentikan pembayaran setelah melakukan investasi 227,2 miliar won.

Selama pertemuan, kedua negara juga setuju untuk menggelar kembali pertemuan yang diwakili oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan untuk komunikasi strategis.

Prabowo Subianto berangkat dari Jakarta pada Selasa untuk menghadiri peluncuran prototipe jet tempur pertama di Korea Selatan. Selain jet tempur, Indonesia disebut juga akan bersepakat dengan Korea Selatan untuk pembelian tiga kapal selam.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar mengungkapkan belum bisa memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

(kil/ara)